Biak Spaceport, Lokasi Peluncuran Roket Indonesia Yang Akan Disiapkan


INDOSEJATI.com- Biak Space Port adalah salah satu mega proyek milik Indonesia yang diprakarsai oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional ( LAPAN ). Biak Space Port adalah tempat peluncuran roket pendorong satelit milik Indonesia yang akan dibangun di Biak, Papua.

Dipilihnya Biak karena kawasan tersebut dinilai sangat strategis bagi pembangunan stasiun peluncur roket ke antariksa karena kawasannya dekat dengan garis khatulistiwa. Biak sendiri berhadapan langsung dengan lautan luas sehingga diperkirakan peluncuran roket nantinya tidak akan mengganggu negara lain.

Serpihan peluncuran roket juga nantinya akan langsung jatuh ke laut tanpa mengenai negara lain termasuk wilayah Indonesia. Selain itu, dipilihnya Biak sebagai tempat peluncuran roket karena Biak berada pada kawasan ekuatorial yaitu hanya 2 derajat dari garis khatulistiwa sehingga dorongan peluncur roket akan lebih kuat.



Rusia sendiri telah berencana meluncurkan satelit di Biak, namun pihak Pemerintah belum mau karena bingung masalah hak cipta. LAPAN sendiri sudah berencana mengorbitkan satelit pada 2012 dan pengorbitan kedua tahun 2014.

Kita tunggu saja semoga pembangunan proyek ini tidak menemui kendala yang berarti sehingga pembangunannya cepat selesai. Semoga impian Indonesia benar-benar terwujud…

Sumber: finance.detik.com

Postingan terkait: