Delapan Tank Leopard Jerman Perkuat TNI AD



INDOSEJATI.com- Kekuatan militer Indonesia, terutama TNI AD, akan semakin disegani dengan diperkaya alat utama sistem persenjataan (alutsista) delapan MBT atau tank tempur berat generasi ketiga, 2A4 Leopard dari Jerman.

Pengiriman pertama dengan jumlah delapan unit Tank 2A4 Leopard yang kemudian diganti penyebutannya menjadi Leopard “2 RI” itu, dikatakan sudah tiba di Tanjung Priok, Jakarta Utara sejak Senin, 23 Mei 2016 lalu.

Sebagaimana dilansir The Diplomat, Rabu (25/5/2016), delapan Tank Leopard 2 RI ini merupakan gelombang pengiriman pertama dari 61 unit serupa yang dipesan Indonesia, pada Desember 2012 lalu.

Sementara sisa Tank Leopard 2 RI yang lainnya masih dalam proses upgrade paket persenjataan oleh pabrikan Rheinmetall yang spesifiknya sesuai permintaan Indonesia, agar tank ini juga bisa dioperasikan untuk perang kota.

Tank Leopard 2 RI ini memang awalnya buatan pabrikan Krauss-Maffei Wegmann. Namun teknologi fire control, C4I System (Sistem Komando, Kontrol, Komunikasi, Komputer dan Intelijen) , turet atau meriam utama 20 milimeter dan amunisinya disuplai pabrikan Rheinmetall.

Pengiriman dari Kapal “Hoegh Jeddah” ini juga merupakan bagian dari kesepakatan kontrak berskala besar terkait pembelian total 103 Tank Leopard dari beberapa varian yang tentunya, sudah turut dilengkapi bustle-mounted air conditioning system, agar lebih cocok beroperasi di iklim tropis.

Pengiriman itu juga termasuk 42 kendaraan tempur (ranpur) Marder 1A3 yang sudah di-upgrade, serta 11 ranpur penyokong pemulihan teknis mesin yang sedianya merupakan surplus AD Jerman.


Sumber:http://news.okezone.com/read/2016/05/25/18/1397298/delapan-tank-leopard-jerman-perkuat-tni-ad

Postingan terkait: