Di Pearl Harbor, Kapal Perang TNI AL Siap Harumkan Nama Indonesia


INDOSEJATI.com- Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) korvet kelas SIGMA milik TNI Angkatan Laut yaitu KRI Diponegoro (DPN)-365, tiba di Joint Base Pearl Harbor-Hickam di Hawaii, Amerika Serikat, Rabu (29/6) lalu. Kehadiran KRI di negeri Paman Sam ini dalam rangka Latihan Bersama (Latma) Multilateral The Rim of the Pacifik (RIMPAC) 2016.

Pearl Harbor merupakan tempat berlabuhnya kapal-kapal 27 negara peserta yang mengikuti Latma Multilateral RIMPAC 2016. KRI Diponegoro-365 telah menempuh perjalanan selama tujuh hari menuju Pearl Harbor yang sebelumnya sandar di Kwajalein Kepulauan Marshall. Adapun lokasi sandarnya KRI Diponegoro-365 yaitu bersebelahan dengan kapal perang dari Jepang yang bernama JS Hyuga.

Saat kedatangannya, Komandan KRI DPN-365 Letkol Laut (P) Tunggul beserta Perwira Kapal disambut oleh Letnan Tom Cowel, Sersan Spaeder, dan Stephani Law selaku Manager Marketing Navy Exchange.

Dalam pertemuan tersebut, perwakilan U.S. Navy dan U.S. Army menjelaskan tentang peraturan dan ketentuan selama berada di daerah latihan. Komandan KRI Diponegoro-365 dalam kesempatan ini mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat oleh Letnan Tom Cowel dan Staf.

“Sebagai Kapal Perwakilan Indonesia, kami merasa bangga dan terhormat dapat bergabung dalam Latma RIMPAC 2016 di Hawaii, Amerika Serikat. Dengan membawa 100 prajurit KRI dan tim pendukung, serta 45 prajurit Marinir, Indonesia siap memberikan yang terbaik dalam Latihan maritim internasional terbesar di dunia," ujar Komandan lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan 43.

Latma Multilateral RIMPAC membantu memberikan kesempatan pelatihan yang unik kepada peserta. Tujuannya untuk menjalin hubungan kerja sama guna menjamin keamanan jalur laut dan keamanan di lautan dunia. RIMPAC 2016 merupakan seri latihan yang ke-25, dimana latihan pertama digelar pada tahun 1971. RIMPAC tahun ini dimulai pada tanggal 30 Juni hingga 4 Agustus 2016.

Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman memperkirakan akan ada sekitar 45 unit kapal, lima unit kapal selam, lebih dari 200 unit pesawat dan 25 ribu personel yang mengikuti RIMPAC 2016. Banyaknya jumlah peserta tersebut menjadikan RIMPAC tahun ini sebagai latihan Angkatan Laut terbesar di dunia.

Pada tahun 2016 ini, terdapat empat negara yang untuk pertama kalinya akan mengikuti RIMPAC, yaitu Brasil, Denmark, Jerman dan Italia.


Sumber:http://m.jpnn.com/read/2016/07/02/451305/Tiba-di-Pearl-Harbor,-Kapal-Perang-TNI-AL-Siap-Harumkan-Nama-Indonesia-:

Postingan terkait: