Dokumen Rahasia Ungkap Pilot MH370 Berlatih Menabrakan Pesawat


INDOSEJATI- Pesawat MH370 yang hilang misterius pada 8 Maret 2014, hingga kini belum ditemukan. Baru-baru ini ada kabar mengejutkan terkait Kapten pilot Zaharie Shah. Sebuah dokumen rahasia polisi mengungkapkan bahwa kapten pilot tersebut sempat berlatih terbang dengan menabrakan menerbangkan pesawat ke Samudera Hindia.

Dalam dokumen rahasia itu, pilot menggunakan simulator berlatih menabrakkan pesawat seminggu sebelum hilangnya Malaysia Airlines MH370 saat terbang dari Kuala Lumpur menuju Beijing.

Dikutip dari Majalah New York, hilangnya MH370 bukan kecelakaan, tapi misi bunuh diri secara cermat yang direncanakan oleh pilot.

Menurut dokumen itu, rute latihan pada simulator adalah pesawat diterbangkan dari Kuala Lumpur menuju ke selatan melalui hamparan terpencil di Samudera Hindia.

Rute dalam simulator ini mirip dengan rute yang oleh penyelidik diyakini sebagai rute pesawat MH370 sebelum menghilang.

Sebelum bocor ke publik, temuan terkait simulator itu dirahasiakan saat polisi Malaysia merilis penyelidikan resmi mereka pada Maret lalu. Data simulator langsung diambil FBI dari komputer dan digunakan oleh Kepolisian Malaysia selama penyelidikan tragedi pesawat itu.

Bocoran dokumen rahasia polisi itu terungkap setelah pejabat dari Malaysia, China dan Australia pada sabtu (23/07/2016) menyatakan, pencarian pesawat dihentikan sementara karena misi dua tahun belum membuahkan hasil.

Keputusan tersebut membuat kecewa keluarga dan kerabat penumpang pesawat MH370. Mereka mendesak pemerintah terkait untuk meningkatkan pencarian pesawat. Bahkan, banyak diantaranya menuding China dan Malaysia tidak memberikan kontribusi cukup untuk upaya pencarian.

Pesawat MH370 yang mengangkut 227 penumpang dan 12 kru hilang setelah lepas landas dari Kuala Lumpur menuju Beijing. Tak lama setelah itu, spekulasi terkait hilangnya pesawat terus bermunculan. Salah satunya mencurigai peran dari Kapten pilot Zaharie Shah yang dikabarkan tengah mengalami masalah rumah tangga dengan istrinya.


Sumber:Sindonews.com

Postingan terkait: