Gambar Kartun Media AS Menghina Indonesia


INDOSEJATI- Media massa Amerika Serikat menghina bangsa dan negara Indonesia. Sebuah kartun yang telah melecehkan Indonesia khusus kaum perempuan beredar di dunia maya.

Pada kartun ini, tim voli Tanah Air digambarkan sangat hebat dan sulit dikalahkan karena diperkuat oleh atlet yang bukan manusia, melainkan orang utan yang sedang menghadang net.

Mengetahui adanya hinaan tersebut, WNI yang tinggal di Negeri Paman Sam, Elle Wibisono langsung melayangkan protes atas terbitnya kartun tersebut yang dimuat surat kabar Boston Globe dan situs WuMo.

“Apa yang telah diperbuat orang Indonesia sehingga tim voli pantai perempuan kami digambarkan sebagai rombongan orang utan?” tulis Elle melalui blog pribadinya.

Di bawah kartun itu dituliskan ‘Indonesia kembali memenangkan Kejuataan Dunia Voli Pantai’. Elle mempermasalahan kartu tersebut karena menggambarkan kehidupan masyarakat Indonesia yang masih tinggal di dalam hutan.

Wanita yang sudah hidup empat tahun di Boston ini mengklaim bahwa kartun ini memuat tindakan rasisme secara terang-terangan. “Indonesia=hutan=penuh orang utan liar? Jadi salah satu negara berpenduduk terbesar di Indonesia digambarkan orang utan?” protes Elle.

Adalah Wulff & Morgenthaler yang membuat komik kontroversial tersebut. Pelanggan kartun buatan WuMo termasuk surat kabar yang ternama The New York Times.

Sumber: Rimanews.com

Postingan terkait: