Vietnam Akan memiliki 6 Kapal Selam Kilo Dari Rusia Tahun 2016 Ini


INDOSEJATI- Vietnam akan terus menerima 6 unit kapal selam Kilo dari Rusia sampai dengan tahun 2016 nanti. Saat ini, Vietnam sudah menerima 3 unit Kapal Selam Kilo sampai tahun 2014 yang lalu. Saat ini kapal selam Kilo ke empat Vietnam sedang melakukan sea trail dan dikabarkan akan diserahkan ke Vietnam pada tahun 2015 ini. Sedangkan kapal selam kilo ke 5 dan ke 6 akan diserahkan kemudian sampai pada tahun 2016 nanti. Dengan demikian pada tahun 2016, Vietnam akan memiliki 6 unit kapal selam Kilo.

Kapal selam Kilo ke 5 untuk Vietnam pun dikabarkan sudah mulai proses pembuatannya dibuat. Demikian juga kapal selam Kilo ke 6 juga sudah mulai dibangun dan sudah bisa di serah terimakan pada tahun 2016 nanti. Kapal selam Kilo ini akan menjadikan kekuatan angkatan laut Vietnam semakin disegani termasuk oleh China yang menjadi calon lawan potensial Vietnam dalam masalah konflik Laut China Selatan.

Kapal Selam Kilo Vietnam yang pertama sudah diterima pada akhir tahun 2013 lalu yang kemudian diberi nama HQ 182 Hanoi. Sedangkan kapal selam kilo ke dua diterima tidak lama setelahnya tepatnya pada pertengahan Maret 2014 lalu yang diberi nama HQ 183 Ho Chi Minh City. Kapal selam kilo ketiga yang tiba akhir tahun ini diberi nama HQ 184 Hai Phong.

Kapal selam Kilo ke 4 akan diberi nama HQ 185 Da Nang yang direncanakan akan di serahkan ke Vietnam pada tahun 2015 ini. Sementara itu kapal selam kilo ke lima Vietnam akan diberi nama HQ 186 Khan Hoa dijadwalkan diterima di akhir tahun 2015 ini. Sedangkan kapal selam kilo ke enam Vietnam akan diberi nama HQ 187 Ba Ria-Vung Tau dan akan diterima pada tahun 2016 nanti.

Keseluruhan 6 unit Kapal selam kilo Vietnam ini dibeli dari Rusia dimana kontraknya ditanda tangani pada tahun 2009 lalu, dengan nilai kontrak sekitar $2 Miliar. Kapal Selam Kilo yang dipesan Vietnam adalah kapal selam Kilo dari Project 636 Rusia. Dalam kontrak tersebut sudah termasuk biaya pelatihan crew di Rusia serta komponen-komponen yang dibutuhkan untuk operasional kapal selam kilo ini nantinya.



6 Unit Kapal Selam Kilo Vietnam untuk Melawan Agresifitas Militer China di Laut China Selatan

Pembelian 6 unit kapal selam kilo ini tampaknya direncanakan oleh pemerintah Vietnam untuk menghadapi kekuatan militer China yang sudah sedemikian menghawatirkan Vietnam dalam hal konflik di sekitar klaim tumpang tindih di Laut China Selatan. Sebagaimana kita ketahui China melakukan klaim terhadap wilayah yang juga di klaim oleh Vietnam. Sehingga mau tidak mau Vietnam harus memperkuat militernya untuk menghadapi kemungkinan terburuk sekalipun.

Pada awal tahun 2014 lalu, China telah menempatkan ajungan pengeboran minyak lepas pantainya di wilayah perairan yang disenketakan Vietnam dan China. Hal ini memicu kemarahan besar pemerintah dan rakyat Vietnam. Kapal perang penjaga pantai Vietnam yang dikirim ke lokasi pengeboran minyal lepas pantai China tersebut berkali kali di usir oleh kapal kapal perang milik Angkatan Laut China. Kapal perang China yang relative lebih besar dan modern membuat Kapal perang Vietnam tidak berdaya mencegah pengeboran minyak oleh China di wilayah Vietnam tersebut.

Tampaknya nantinya kapal Selam Kilo Vietnam ini akan diarahkan untuk dioperasikan di sepanjang garis pantai Vietnam dan disekitar pangkalan militer Vietnam di sekitar kepulauan Spratly yang juga di klaim oleh China. Ini akan menjadi penambah kekuatan militer Vietnam menghadapi kekuatan militer China yang memiliki puluhan kapal selam yang juga cukup modern.

Kapal selam Kilo Vietnam ini akan menjadikan semakin menambah jumlah kapal selam di sekitar kawasan Asia Tenggara. Jika Vietnam akan memiliki 6 unit kapal selam Kilo, maka jumlah kapal selam Indonesia akan menjadi 5 unit ditahun 2018 nanti dan rencananya akan ritambah 2 unit lagi sampai 2020 nanti. Negara ASEAN lain pun sudah memiliki kapal Selam seperti Malaysia dan Singapura.


Sumber:http://alutsista.net/read/20/Vietnam_Punya_6_Unit_Kapal_Selam_Kilo_Tahun_2016

Postingan terkait: