AS Perkenalkan Bomber Siluman Pertamanya di Abad 21


INDOSEJATI- Amerika Serikat (AS) terus mengembangkan teknologi militernya dari hari ke hari. Negeri Paman Sam itu ingin terus mempertahankan superioritas militer mereka dalam hal alutsista (alat utama sistem pertahanan) udara dengan menghadirkan proyek pesawat bomber “siluman” B-21.

Penyebutan resmi B-21 ini sifatnya masih sementara, lantaran memang belum punya nama resmi yang tetap. Penyebutan B-21 hanya berdasarkan status pesawat ini sebagai bomber pertama AS dari abad ke-21. Pesawat pembom jarak jauh yang akan dibuat manufaktur Northrop Grumman ini memang baru sekadar desain, di mana desainnya hampir persis dengan pesawat pembom siluman B-2 “Spirit” yang memilik sayap berbentuk “zigzag”.

“Jadi, kita sudah punya gambar (pesawat), kita sudah punya penyebutan. Tapi kita belum memiliki unitnya, kita juga belum punya nama,” sebut Menteri AU AS, Deborah Lee James dalam sebuah simposium untuk mengenalkan pesawat ini untuk pertama kalinya di Orlando, Florida. “Dan di sinilah saya menantang dan memanggil setiap penerbang AS saat ini, untuk memberikan kami usulan-usulan terbaik untuk menamai pesawat B-21, bomber terbaru Amerika,” tambahnya, di situs Defense News.

Pesawat B-21 juga ini digadang-gadang akan jadi pengganti pesawat pembom jarak jauh strategis, B-52 “Stratofortress” yang sudah beroperasi di Angkatan Udara (AU) AS sejak 1955. Akan tetapi, pesawat ini sekiranya baru akan menjalani tes pertamanya pada medio 2020an mendatang. “Pesawat B-21 didesain dengan kebutuhan tertentu, di mana pesawat ini menggunakan teknologi yang matang dan teknologi yang sudah ada saat ini. Pesawat ini mewakili masa depan penerbang kami dan suara (usulan) mereka sangat penting dalam proses ini,” tandas James.



Sumber:http://news.okezone.com/read/2016/02/27/18/1322855/as-perkenalkan-bomber-siluman-pertamanya-di-abad-21

Postingan terkait: