Pecundangi Thailand dan Vietnam, Indonesia Juara ASEAN


INDOSEJATI.com - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) berhasil merebut gelar juara umum dalam lomba menembak ASEAN Armies Rifle Meet (AARM) 2016 di Filipina. Indonesia berada di peringkat pertama dengan perolehan 21 medali emas, 15 perak dan 14 perunggu, sekaligus membawa pulang 6 tropi.

Sedangkan di urutan ke-2 diraih Thailand dengan 10 emas, 15 perak dan 9 perunggu serta 4 tropi, disusul Filipina selaku tuan rumah dengan 10 emas, 9 perak dan 14 perunggu serta memboyong 3 tropi.

Prestasi ini melanjutkan sukses sebelumnya di Australian Army Skill at Arms Meeting (AASAM) lalu, di mana Indonesia juga merebut gelar juara tingkat dunia, mengalahkan kontingen dari Amerika Serikat (AS), China, bahkan tuan rumah Australia.

Dari 37 petembak yang mengikuti lomba, 24 di antaranya merupakan petembak-petembak terbaik Kopassus, termasuk terdapat 4 prajurit Kowad Kopassus. Kowad Kopassus mempersembahkan 2 tropi pada materi menembak pistol putri, atas nama Lettu Ckm (K) Ni Nyoman Triastuti (Satuan Kesehatan Kopassus) yaitu Champion Individual dan Champion Team.

Sedangkan Kowad lainnya, Serda (K) Carlelis, dari Kodam XVI/ Pattimura berhasil meraih medali perak pada materi menembak pistol putri di match 1.

Lomba tembak antar Angkatan Darat Negara ASEAN yang dibuka sejak tanggal 26 November dan ditutup tanggal 7 Desember ini, memperlombakan 5 materi, yaitu menembak pistol putra (match 1-5) dan putri (match 1-4), menembak senapan (match 1-5), senapan otomatis (match 1-3) dan karaben (match 1-5). Dari lomba tembak AARM kali ini, yang paling menarik dan viral di media massa adalah ketika bendera merah putih berkibar bersamaan di satu tiang bendera saat peraihan medali emas, perak dan perunggu diborong oleh kontingen Indonesia pada materi menembak senapan otomatis (match 1).

Kini, AARM resmi ditutup dan dihadiri para Kepala Staf Angkatan Darat se-ASEAN. TNI AD keluar sebagai juara dengan mengalahkan 10 negara. Tim ini dipimpin Komandan Kontingen AARM 26/2016 Mayor Inf Wimoko yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Batalyon 811 Sat-81 Kopassus

Acara penutupan dihadiri langsung oleh Danjen Kopassus Mayjen TNI Madsuni bersama Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono pada acara penutupan lomba tembak tersebut.

Komandan Kontingen AARM 26/2016, Mayor Inf Wimoko yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Batalyon 811 Sat-81 Kopassus menyampaikan bahwa pada lomba tembak AARM tahun ini, kontingen TNI AD berada di urutan pertama dengan meraih 21 medali emas, 15 perak dan 14 perunggu serta memboyong 6 tropi.

Ke-10 negara ASEAN yang mengikuti lomba tembak Angkatan Darat ASEAN tahun 2016, yaitu Indonesia, Thailand, Filipina, Malaysia, Singapura, Vietnam, Myanmar, Brunei Darussalam, Laos dan Kamboja.

Sumber:Merdeka.com

Postingan terkait: