5 Jet F-16 Berseliweran di Perbatasan RI-Australia-Timor Leste


INDOSEJATI.com - Suasana tegang menyelimuti langit perbatasan antara Nusa Tenggara Timur (NTT) Indonesia, Australia dan Timor Leste. Lima pesawat tempur jenis F-16 terlihat hilir mudik menjaga batas wilayah udara NKRI.

Ternyata mengudaranya lima F-16 tersebut bagian dari latihan yang digelar Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional (Kosekhanudnas) II Makassar, untuk menguji kemampuan dan kesiapan pengendalian pesawat tempur F-16 dalam mengarahkan pesawat menuju sasaran secara cepat dan tepat.

"Operasi serta latihan selama empat hari itu bertujuan menguji kemampuan dan kesiapan personel penerbang pesawat TS dan personel G-S-I secara terkoordinasi serta terintegrasi dalam menjamin kesiapsiagaan operasi system pertahanan udara nasional," kata Komandan Lanud El-Tari Kupang, Kolonel (Pnb) Jorry Kollay kepada wartawan, di Kupang, NTT.

"Untuk sementara, negara masih mampu melengkapi perlengkapan kebutuhan pertahanan udara nasional di wilayah perbatasan dengan Australia dan Timor Leste ini. Menempatkan yang pertama adalah satuan radar 226 di buraen, sebagai mata kita dalam rangka menjaga wilayah kedaulatan negara di wilayah NTT ini dan sampai ke timur,” imbuhnya.

Lebih lanjut Jorry mengatakan, latihan ini merupakan rencana strategi pengembangan Lanud El Tari, Kupang, pihaknya menyiapkan pembangunan sarana prasarana satuan tempur skuadron tempur. Namun hal itu tergantung kemampuan keuangan negara.

"Untuk menjaga kedaulatan NKRI, operasi udara dan latihan seperti ini akan terus dilakukan dan menjadi agenda tahunan. Kupang dipilih sebagai tempat latihan karena berbatasan langsung dengan dua negara, yakni Timor Leste dan Australia," pungkasnya.


Sumber:http://nasional.sindonews.com/read/1130579/14/5-jet-f-16-berseliweran-di-perbatasan-ri-australia-timor-leste-1470926547

Postingan terkait: