China Berencana Singkirkan Presiden Korut Kim Jong-un Karena Ingin Uji Nuklir Keenam


INDOSEJATI.com - Pembuat kebijakan China sedang membahas cara menyingkirkan diktator muda Korea Utara (Korut); Kim Jong-un. Pembahasan itu menyusul perilisan gambar satelit yang mengungkap Korut bersiap untuk uji coba senjata nuklir untuk keenam kalinya.

Direktur Inisiatif China dari Columbia University School of International and Public Affairs, Profesor Zhe Sun, mengatakan para pembuat kebijakan China juga membahas soal dukungan soal rencana serangan terhadap rezim Pyongyang. Zhe Sun mengungkap hal itu dalam forum keamanan di Washington, seperti dikutip The Korea Times.

Menurut Zhe Sun, China sedang memperbatkan bagaimana cara terbaik untuk berurusan dengan Kim Jong-un. ”Beberapa sarjana dan pembuat kebijakan China mulai berbicara tentang dukungan ‘surgical strikes' dan ‘decapitation’ oleh Amerika Serikat dan Korea Selatan sebagai salah satu pilihan kebijakan,” katanya.

”Proposal yang lebih radikal menunjukkan bahwa China harus mengubah pemimpin (Korut), mengirim pasukan yang melintasi perbatasan dan stasiun di DPRK, memaksa DPRK agar menyerahkan nuklir dan mulai membuka diri dan mereformasi,” ujar Profesor Zhe Sun, yang dilansir Daily Mail, semalam (8/10/2016).

DPRK adalah Republik Demokratik Rakyat Korea, nama resmi dari Korut. Analisis dari citra satelit terbaru menunjukkan situs uji coba nuklir Korut menunjukkan adanya aktivitas di semua tiga kompleks terowongan yang memicu spekulasi adanya persiapan uji coba nuklir keenam.

Pada tahun ini rezim Pyongyang sudah dua kali melakukan uji coba senjata nuklir, yakni pada bulan Januari dan September. Kim Jong-un pernah mengklaim Korut saat ini sudah menjadi negara nuklir yang kuat baik dari sisi kuantitas maupun kualitas.

Sumber:http://international.sindonews.com/read/1145672/42/china-bahas-cara-singkirkan-kim-jong-un-karena-ingin-uji-nuklir-keenam-1475956478

Postingan terkait: