Militer Amerika 'Kecanduan' Latihan Gabungan Dengan TNI


INDOSEJATI.com - Militer Amerika Serikat mengapresiasi hubungan hubungan yang sudah terjalin dengan militer Indonesia. Sudah banyak kerja sama militer yang telah terjalin antar kedua negara. Hal ini diungkapkan Komandan Grup Logistik Armada Militer AS di Pasifik Barat, Laksamana Muda Donald D. Gabrielson.

Beberapa kerja sama yang telah terjalin membuat militer Amerika selalu ingin mengunjungi Indonesia dan membuat latihan bersama. “Setiap tahun, kami mengadakan kurang lebih 200 kegiatan dengan Tentara Nasional Indonesia. Saya kira kerja sama seperti ini perlu ditingkatkan lagi demi memperkuat hubungan kedua negara,” ujarnya, dalam acara Indodefence di Jakarta.

Salah satu kerja sama rutin yang digelar setiap tahunnya adalah kerja sama kesigapan dan pelatihan maritim (CARAT), yang sudah 22 kali dilakukan sejak tahun 1995. CARAT adalah latihan rutin antara militer AS dan TNI Angkatan Laut yang meliputi bebrapa bidang, di antaranya peperangan anti-kapal selam, operasi tempur terbatas, dan patroli maritim.

“Program CARAT yang terus berlanjut ini membuktikan seriusnya komitmen kami dalam mengembangkan hubungan dengan para mitra strategis di kawasan seperti Indonesia. Angkatan Laut kami bekerja sama dengan sembilan mitra di Asia Selatan dan Tenggara untuk berbagai prioritas keamanan maritim, memperkuat kemitraan maritim, sekaligus saling menempa kemampuan dengan para mitra,” tutup Gabrielson.

Sumber : vivanews

Postingan terkait: