Ngeri, 5 Negara Besar ini Terobsesi Menguasai Indonesia


INDOSEJATI.com - Di masa depan, perang tak hanya dilakukan dengan adu kekuatan militer di medan pertempuran. Perang di masa depan lebih banyak menggunakan kepala untuk adu strategi. Salah satu perang di era modern yang harus diwaspadai oleh Indonesia adalah proxy war, atau perang proksi yang memberi dampak lebih mengerikan dari perang biasa.

Indonesia sedang diincar oleh kekuatan negara asing. Dan hampir bisa diprediksi jika negara itu mengincar sumber daya alam yang melimpah. Oh ya, konflik-konflik yang ada di dunia 70% di antaranya disebabkan oleh masalah sumber daya energi. Coba tengok Timur Tengah yang kaya energi namun selalu dipenuhi oleh konflik. Di masa depan pun konflik serupa bisa saja terjadi dan lima negara ini bisa jadi biang keroknya.

1. Amerika
Amerika adalah negara yang banyak sekali melakukan perang proksi di dunia ini. Tak terhitung lagi berapa banyak uang yang mereka berikan kepada sekutu untuk membantunya melakukan misi. Amerika memiliki banyak sekali kepentingan di dunia ini, terutama untuk masalah energi dan sumber daya lainnya. Amerika tidak terlalu banyak memiliki sumber daya alam, dan cara tercepat untuk mendapatkannya adalah dengan merampas milik negara lain.
Oh ya, di Indonesia sendiri Amerika sudah banyak mendirikan perusahaan besar yang mengeruk sumber daya alam. Salah satu yang terkenal adalah Freeport yang mengambil banyak emas di Papua. Satu contoh ini saja membuktikan jika Amerika punya ketertarikan dengan Indonesia. Dan bukan tak mungkin di masa depan mereka ingin menguasai negeri ini.

2. Tiongkok
Telah menjadi rahasia umum jika Tiongkok memiliki hubungan yang kuat dengan Indonesia, terutama di pemerintahan sekarang. Negeri ini banyak sekali melakukan investasi di berbagai bidang yang sangat vital. Salah satu contohnya adalah pengadaan kereta cepat yang menghubungkan Bandung-Jakarta.
Selain masalah investasi yang mengharuskan banyak pekerja Tiongkok. Negara dengan penduduk terbesar itu juga banyak mengirim perusahaan tambang di Indonesia. Jika keadaan ini terus berlanjut hingga tak terbendung, segala sektor penting di Indonesia akan dikuasai Tiongkok. Lalu peluang Indonesia jatuh ke tangan mereka sangatlah besar.

3. Jepang atau Korea Selatan
Barangkali Jepang dan Korea Selatan tidak menguasai sumber daya alamnya seperti yang (mungkin) akan dilakukan Amerika dan Tiongkok. Namun negeri itu lebih banyak mengincar Indonesia untuk pasar barang-barang elektronik dan otomotif mereka. Coba perhatian sepeda motor yang digunakan oleh orang di Indonesia, sebagian besar berasal dari Jepang. Lalu ponsel dan perangkat eletronik lain berasal dari Korea Selatan.
Oh ya, tak berhenti di situ saja. Jepang dan Korea Selatan juga menjadikan negeri ini sebagai pasar budaya yang loyal. Dewasa ini banyak sekali kebudayaan dari negeri itu mulai dari film, musik, hingga masakan yang mulai menginvasi Indonesia. Dan sadar atau pun tidak banyak orang menyukainya, bahkan memujanya melebihi budaya dalam negeri.



4. Australia
Anda mungkin masih ingat kasus penyadapan yang dilakukan oleh Australia kepada Indonesia beberapa tahun lalu. Kasus ini menjadi salah satu bukti jika negeri kanguru itu memiliki ketertarikan yang cukup banyak di Indonesia. Hal itu ditandai juga dengan mulai banyaknya perusahaan negeri itu yang datang ke negeri ini, terutama perusahaan migas.
Australia dan Indonesia memang sudah sejak lama sering “memanas”. Banyak sekali masalah yang terjadi. Terakhir adalah masalah eksekusi mati gembong narkoba Bali Nine. Dari beberapa hal di atas, kita bisa sedikit menduga jika Australia memiliki obsesi untuk menguasai Indonesia. Apalagi negeri itu punya hubungan baik dengan Amerika.

5. Inggris
Inggris sudah sejak lama tertarik dengan Indonesia. Bahkan sejak zaman kolonial Belanda, Inggris sudah ingin menguasai banyak sektor, terutama sumber daya alam. Di era modern seperti sekarang, Inggris mungkin tidak begitu terdengar desas-desusnya, namun di balik itu, Inggris masih memata-matai Indonesia.

Mereka menempatkan banyak sekali mata-mata di negara Commonwealth seperti Singapura. Di negeri itu, Inggris mengumpulkan banyak sekali data untuk menyusun strategi dalam menguasai Indonesia. Kelak di masa depan, jika strategi ini telah sempurna, Inggris dan para sahabatnya akan menduduki Indonesia.
Inilah lima negara besar yang ternyata memiliki obsesi untuk menguasai Indonesia di berbagai sektor. Mereka berusaha dengan sekuat tenaga agar Indonesia yang kaya akan sumber daya alam dan sumber daya manusia ini bisa tunduk.



Sumber:http://www.boombastis.com/menguasai-indonesia/62700

Postingan terkait: