Kapolri:"Kalau Ada POLANTAS Minta Uang Damai,Direkam Saja,Nanti Saya Pecat Secara Tak Hormat !!"



INDOSEJATICOM - Dianggap banyaknya oknum polisi terlebih anggotanya di bagian divisi POLANTAS yang sering meresahkan dan bahkan menyusahkan masyarakat, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menyatakan dengan segera akan mengubah cara pemolisian terutama oleh anggota-anggota di lapangan yang kerap kali berhadapan dengan masyarakat.

"Saya berharap Polri harus melakukan suatu perubahan. Karena memang cara pemolisian dan masyarakat juga berubah. Tuntutan tranparansi semakin hari semakin jelas. Pemolisian Polri harus menyesuaikan dengan perubahan-perubahan yang ada," ungkapnya.

Tito mencontohkan ‎dulu, seorang tersangka tidak bisa mempraperaldilkan statusnya. Namun kini tersangka punya hak untuk mengajukan praperadilan atas penetapan status tersebut.Sehingga penyidik pun harus berubah, tidak bisa sewenang-wenang dan seenaknya dalam menetapkan tersangka. Harus betul-betul melakukan penyelidikan dan penyidikan yang cermat.

"Lalu sekarang ini kemajuan teknologi terus berkembang, masyarakat bisa merekam setiap aktivitas anggota Polri yang menyimpang dan dilaporkan. ‎Jadi anggota juga harus merubah prilaku dan harus jadi teladan,Terlebih utama yang saat ini sudah menjadi polemik masyarkat luas yang selalu saja menjadi sorotan yaitu para anggota Polantas yang bertugas di lapangan sering bekerja di luar dari ketentuan hukum yang secara terang terangan melakukan pemerasan saat menilang.

"Jadi dalam hal ini saya meminta bantuan dari seluruh lapisan masyarakat untuk jangan pernah takut apa lagi resah dan di ancam ancam oleh anggotanya dan jangan pula takut untuk merekam para anggota yang bekerja tidak semestianya atau minta UANG DAMAI di kala anda ditilang, karena saya yang orang yang paling pertama membela masyarakat INDONESIA jika ada ancaman dari anggota saya kepada masyarakat INDONESIA" tegasnya.

Lebih lanjut mantan  Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme ini juga menginginkan agar kinerja seluruh anak buahnya meningkat‎ dan performanya kian maksimal.

"Sederhana saja, saya harap kinerja meningkat dan performa anggota maksimal. ‎Jadilah pengayom masyarakat yang baik, semakin melayani," tutur Tito.Termasuk Tito juga berpesan agar sinergritas dengan lembaga penegak hukum lain seperti KPK dan Kejaksaan juga harus ditingkatkan dan dieratkan

Sumber: Kompas.com

Postingan terkait: