Anggotanya Ditusuk, TNI Siap Sikat Geng Motor



INDOSEJATICOM - Markas Besar TNI Angkatan Darat siap bekerja sama dengan aparat kepolisian untuk menindak geng motor yang telah menyebabkan masyarakat, bahkan prajurit TNI, menjadi korban tindak kejahatan.

"Jika polda bekerja sama dengan satuan-satuan TNI di wilayah untuk menertibkan itu, ya, tentu kami menyambut baik kalau ada ajakan untuk bekerja sama," kata Kepala Dinas Penerangan TNI-AD (Kadispenad) Brigjen Alfret Denny Tuejeh di Jakarta, kemarin.

Pihaknya mendukung kebijakan Pangdam Bukit Barisan yang akan memberantas geng motor di wilayah mereka.

Semua pangdam juga akan melakukan hal yang sama jika terjadi hal serupa.

"Mereka (pangdam) pasti akan berkoordinasi dengan kapolda tiap wilayah untuk menanggulangi masalah geng motor," kata jenderal berbintang satu itu.

Tindak kekerasan yang dilakukan geng motor saat ini cenderung meningkat sehingga semua prajurit perlu mewaspadainya agar kasus pengeroyokan terhadap anggota TNI-AD tidak terulang.

"Satuan-satuan kewilayahan, Babinsa, dan Koramil akan terus memonitor masalah itu. Itu ranah kepolisian. Kami hanya membantu polisi terkait kamtibnas," ujarnya lagi.

Kadispenad berharap para pangdam, dandim, dan korem yang berkoordinasi dengan kepolisian bisa mengantisipasi hal-hal seperti itu.

TNI-AD secara internal, lanjut dia, akan melakukan evaluasi terkait dengan sejumlah kasus kekerasan yang menyebabkan anggota TNI menjadi korban.

Selain kasus Prada Yanuar di Bali, ada dua kasus yang berdekatan, yakni kasus penusukan yang membuat Serda Musaini, 55, tewas di Indragiri Hilir, Riau. Kasus penusukan juga terjadi di Kemayoran, Jakarta Pusat, dengan korban Prada Ananda Puji Santoso.

"Kami masih evaluasi. Kepala Staf TNI-AD Jenderal Mulyono beberapa hari lalu juga sempat membicarakan hal ini. Apakah geng motor ini sudah terlalu liar dan tidak terkendali? Atau bagaimana dari kami secara internal akan menyiapkan langkah untuk menghadapi situasi seperti ini, terutama yang bersifat internal," kata Alfret.


Sumber: MediaIndonesia

Postingan terkait: